Jumat, 07 Oktober 2011

TIPS DAN TRIK MEMILIH JURUSAN KULIAH YANG BAGUS DAN SESUAI

1. Hasrat dan Cita-Cita
2.Informasi
3.Kualitas,Daya Saing dan Kemampuan
4.Ekonomi dan Komunikasi
5.Karir Dan Pekerjaan

KESIMPULAN
Menurut penilaian saya pribadi, perbandingan Jurusan dengan pekerjaan cukup sekedar sebagai informasi saja, namun jangan dijadikan sebagai acuan, karena apa ? karena pekerjaan dan jurusan kuliah memiliki kecenderungan yang besar secara teori namun tipis di realita. Coba lihatlah kenyataan berapa banyak mereka yang pekerjaannya berbeda dengan jurusan waktu dia kuliah.Berapa banyak yang melenceng jauh ?, walau sebenarnya tidak ada yang melenceng atau keluar dari jalur. Pola pikir antara jurusan kuliah dan pekerjaan yang beriringan sudah tidak populer walaupun memang adakalanya benar,misalnya mereka yang bekerja sebagai pegawai pajak kuliahnya di STAN. Atau mereka yang menjadi dokter kuliah di fakultas kedokteran.

Saya memberikan tips dari pada melihat sekedar karir dan pekerjaan. Buat teman-teman lihatlah saja cita-cita. Sesederhana itu. Adakalanya seseorang yang bercita-cita menjadi dokter namun karena beberapa perhitungan sehingga dia tidak memilih jurusan kedokteran, mungkin dia memilih jurusan biologi atau mungkin jurusan farmasi, bisa jadi kan ?. namun apakah itu sah ?, yup… sah sekali dan benar. Jadi jangan memaksakan kehendak. Ingat saja cita-cita, dan lalui pilihan kuliah yang terbaik.

Pekerjaan apapun tidak menjamin masa depan yang gemilang, karena masa depan gemilang adalah hak bagi mereka yang menjalani proses dengan baik. Maka jangan khawatir dengan jurusan kuliah yang teman-teman suka walau pilihannya tidak populer dan passing grade nya rendah. Jalanilah kuliah dengan baik maka pekerjaan atau profesi apapun yang kelak kita lakukan adalah pasti yang terbaik dan membaikkan.

Lihatlah cita-cita, dan bertanggung jawablah dengan pilihanmu…
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar